Senin, 10 September 2012

PERKEMBANGAN RODA

SIAPAKAH PENEMU RODA?

1.Penemu tanpa nama
Sayangnya,tidak ada yang tahu siapa penemu roda .Namun ,rupanya roda pertama kali digunakan oleh babgsa Sumria sekitar tahun 3500 sebelum masehi.
Siapa bangsa Sumaria itu?
=> bangsa Sumaria adalah bangsa yang tinggal di Mesopotamia (merupakan daerah lembah yang terletak di antara sungai Efrat dan Tigris.).

2.Berawal dari kayu.
Ahli arkiologi juga menelusuri bagaimana roda tercipta.
awalnya orang menemukan balok kayu bulat yang bisa menggelinding.Balok itu juga dapat memindahkan batu yang berat.
   Suatu ketika orang meletakkan bak berkaki kayu ternyata kaki kayu itu menggerus balok kayu orang lalu merampingkan bagian tegah kayu menjadi tongkat yang bernama as.Dan agar bak tak jatuh di pasanglah pasak di antara bak dan as.namun rupanya roda kayu sering pecah.

3.Penemuan kereta roda
Penemuan ini membawa perubahan besar bagi bangsa Sumeria ,mereka dapat pergi ke negri bansa lain .Akibatnya bangsa lain juga mulai mengenal kereta roda.
Bansa Mesir,India,China dan Roma mulai memakai kereta roda sekitar tahun 2000 sebelum masehi dia antara bangsa itu,Roma banyak membuat berbagai kereta roda untuk perang ,berburu,dan balapan.
Sedangkan bangsa Eropa pada tahun 500 masehi ,seribu tahun kemudian bangsa Inggris membuat kereta roda terhebat di dunia,yaitu kereta api.

SUMBER: MAJALAH KREATIF (BOBO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar